Diberdayakan oleh Blogger.
animasi  bergerak gif

Blogroll

RSS

cerpen - bila kau sepi


Bila Kau Sepi
                Hanifah selalu saja merasakan sendirian. Karena memang ia menikmati kesendirian itu. Setiap bel istirahat berbunyi,Hanifah lebih memilih duduk sendiri di bawah pohon beringin di pojokan sekolahnya. Karena letaknya di pojok jarang sekali ada siswa yang bertandang. Kalaupun ada pasangan yang mau mojok pasti nggak jadi karena melihat Hanifah di sana.
            Tapi Hanifah tidak ambil pusing karena ia punya kesibukan di bawah pohon beringin itu. Menulis puisi,menggambar kartun,dan mengamati gerak-gerik idolanya dari kejauhan.
            Melati  ia adalah sosok siswi kebanggaan SMP perwira tempat Hanifah sekolah. Melati sangat populer selain dia cantik, pintar, cerdas, juga ia ketua OSIS.Hampir semua siswa suka padanya. Begitu pula Hanifah. Ia sangat mengagumi Melati.
            Hanifah ingin bisa seperti Melati yang supel dan punya banyak teman. Melati tak pernah terlihat sendiri ia selalu dikelilingi oleh begitu banyak teman.
            Nisa adalah sahabat Hanifah. Mereka sudah berteman sejak SD.Nisa juga sama- sama pendiam tapi dia rajin berorganisasi  posisinya di OSIS pun sebagai wakil ketua. Terkadang Nisa menemani Hanifah duduk di bawah pohon. Tapi ia suka kesal bila mendengar keluh kesah Hanifah . “Nis, andai aku bisa menjadi populer aku pasti bisa temenan sama Melati,”seru Hanifah suatu hari.”
            “kenapa sih kamu pengin banget bisa dekat sama dia?”
            “Aku mau dikenal saja sama semua orang,”tutur Hanifah. Selain itu juga aku kagum sama dia....
            Makanya kamu harus gaul dong, Fah. Jangan cuma suka belajar sama bikin puisi terus. Gimana Melati mau kenal sama kamu kalau kamu sukanya duduk di sini terus. Hanifah cemberut.
            “Bukan gi...tu aku kan nggak seberani kayak kamu,Nis”kata Hanifah. Ada sirat kesedihan di raut wajahnya.
            “Hmm... masalah ini! Mendingan kamu ikut aku yuk..! aku kenalin kamu sama teman- temanku,Vina,Uli,dan Lili. Mungkin dia mau bantuin kamu,”tawar Nisa.”
            Hanifah terdiam,membayangkan dirinya bisa berkenalan sama anak-anak populer? ia ragu sejenak.
            Nisa hanya memandangi temannya dan terus berfikir. “Aku juga ingin merasakan berteman denga anak populer,jalan bareng, juga makan di kantin bareng,lanjut Hanifah. Tapi aku tidak punya keberanian untuk bisa bergabung dengannya.
Nisa memandang Hanifah itu dengan rasa iba. Seringkali Nisa mengajak Hanifah bergaul tapi ia suka menolak.
            Nisa mencoba berfikir untuk mendapatkan jalan keluar untuknya. Berteman juga nggak harus sama dia, kan Fah,”ujar Nisa.”
            “Tapi aku pengin banget temenan sama dia soalnya,kalau aku temenan sama dia aku bisa dikenal dan banyak yang mau temenan sama aku,”jawab Hanifah datar.
            “ya udah, besok kamu ikutan aku aja, ya.”
***
            Di rumah Vina.
            Hanifah,Uli,Lili,dan Vina sedang bersantai-santai di kamar Vina. Uli asyik makan snack,sementara Vina bareng Lili sibuk bersihin muka. Sementara Hanifah? Ia hanya duduk terdiam melihat mereka bertiga.
            Awalnya,Hanifah diajak Nisa di rumah Vina tapi ia izin pulang dulu. Hanifah merasa dirinya di biarkan begitu saja. Ia sama sekali tidak diajak bicara. Hanifah risih. Sebentar-sebentar duduknya bergeser-geser.
            Hari ini Melati ulang tahun. Dan rencananya ia akan mentraktir anak- anak OSIS kumpul di rumahnya untuk makan malam bersama.
            “Li,bisik Uli ketika ia dan Lili menyingkir ke pojok kamar buat ambil minum. Uli lalu tersenyum mengejek.”ngapain sih, Nisa bawa-bawa batu kesini? Gaya bicaranya masih berbisik tapi masih bisa terdengar oleh Hanifah.
            “Sst... Nisa kan minta tolong pada kita buat bikin dia pede gitu!”Uli melirik ke arah Hanifah yang masih tetap saja diam tanpa tersenyum sedikit pun!
            “Woi...! Vina mengagetkan kedua temannya itu. Kedua temannya pun terlonjak kaget.”Berangkat yuk! Melati udah nungguin di rumah tuh kasian kan kalau kelamaan.
            Serentak Uli dan Lili beres- beres diri.”Hai, bengong saja mau ikut nggak? Tawar Vina.
            Tak lama kemudian mereka berempat pun siap-siap mau berangkat.”Nanti Nisa datang nggak?”tanya Hanifah pada Vina.”Iyalah dia kan wakil ketua OSIS,”jawab Vina enteng.
            Sepanjang perjalanan ia hanya terdiam diri saja. Sesampainya dirumah Melati, Uli,Lili dan Vina langsung bergabung dengan anak-anak OSIS lainnya. Sementara Hanifah dicuekin begitu saja. Matanya mencari-cari sosok Nisa.
            Beberapa anak OSIS lainnya pun melewati Hanifah begitu saja. Air mata Hanifah langsung mengalir begitu saja. Ia menyesal mengapa dirinya berada di sini. Seharusnya ia tidak di sini dan pulang. Ia menggenggam buku puisinya begitu erat. Kepalanya berputar begitu cepat. Ia tersiksa oleh canda, tawa,dan celoteh riang itu. Lalu ia memutuskan untuk pulang. Ia menyembunyikan isak tangisnya.
            Brak! Tiba- tiba tubuhnya menabrak seseorang hingga terjatuh. Ia tahu seseorang yang di tabraknya adalah Melati. Hanifah mencoba berdiri dan meninggalkan Melati begitu saja. Sebenarnya ia ingin sekali menyapanya,tapi ia mengurungkan niat. Hanifah hanya menunduk dengan sakit hatinya yang terdalam.
***
            Esok harinya, Hanifah menghabiskan istirahatnya seperti biasa. Duduk di bawah pohon beringin. Ia mencoret-coret buku gambarnya dengan menggambar karikatur dan kartun.
            “ASSALAMU’ALAIKUM?” sapa seseorang begitu ramah. Hanifah membalikan badannya. Melihat sesosok wajah yang ada di depannya. “WAALAIKUM SALAM,”jawab Hanifah tidak kalah ramahnya. Dalam hatinya ada rasa bahagia.
            “ Hanifah ya? Boleh duduk di sini?” “i..ya silahkan,” “ada apa Mel? “ini,” aku menyodorkan buku pada Hanifah.”Buku kamu ketinggalan kemarin  waktu kita tabrakan di rumahku. Ternyata puisi kamu bagus juga yah. Aku sangat suka dengan puisi kamu. Maaf ya... aku membacanya.”ya, ngga apa-apa kok,”jawab Hanifah senang.
            Mereka berdua tertawa begitu akrab. “oh ya kemarin aku kan ulang tahun dan belum traktir sama kamu, kamu mau nggak aku traktir hari ini?”  boleh juga.
            Mereka pun berjalan beriringan menuju kantin. Mereka berdua makan dengan senangya. Saling tertawa dan berbicara begitu akrabnya. Layaknya seorang yang sudah bersahabat yang lama.
            Dari kejauhan,Vina,Nisa, dan Uli memeperhatikannya. Ia merasa begitu senang melihatnya. Mereka pun saling saling tersenyum bersama. Misi membuat  Melati dekat dengan Hanifah telah berhasil. Akhirnya mereka semua pun saling berteman. Kesendirian Hanifah kini bukan berarti kesunyian. Kini dia telah mendapat teman yang begitu baik dan bisa membuatnya bahagia.
Tamat
                                                                                           
                                                                                           

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar