Diberdayakan oleh Blogger.
animasi  bergerak gif

Blogroll

RSS

laporan diskusi(dampak negatif game online)


Dampak Negatif Game Online bagi Pelajar
Laporan diskusi
Dibuat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia

Disusun oleh :
1.    Anggit Dimastiko.H.    (03)
2.    Nining Sagita               (22)
3.    Umi Maziyah               (27)

Kelas XII IPA 3
SMA NEGERI 1 TEGAL
Jalan Menteri Soepeno 16 Telepon (0283)353498
Tahun Ajaran 2012/2013

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................    ii
BAB 1             PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ...................................................................   1
1.2  Tema ..................................................................................   2
1.3  Rumusan Masalah ..............................................................   2
1.4  Tujuan ................................................................................   2
1.5  Manfaat Penelitian .............................................................   3

BAB II                        PELAKSANAAN DAN HASIL DISKUSI
                        2.1 Pelaksanaan .........................................................................  4
                        2.2 Hasil Diskusi .......................................................................  6

BAB II            I           PENUTUP
                        2.1 Kesimpulan .........................................................................  4
                        2.2 Saran ...................................................................................  6

NOTULA DISKUSI......................................................................................    iii
DAFTAR HADIR ...............................................................................................


LAPORAN KEGIATAN DISKUSI
Dampak Negatif  Game Online Bagi Pelajar
Diselenggarakan oleh :
Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Tegal Kelas XII IPA 3
18 September 2012



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Pelaksanaan Diskusi
Pada zaman modern saat ini, yang sering kita sebut dengan era globalisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi berkembang sangat pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi membawa sejumlah harapan dan dampak positif yang ditimbulkan pada kemajuan zaman ini. Namun, tidak semua kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menimbulkan dampak positif, akan tetapi pada era globalisasi saat ini juga dapat menimbulkan dampak negatif.
Salah satu kemajuan dari teknologi di era globalisasi ini yaitu mulai berkembangnya permainan secara online atau sering kita sebut dengan nama game online. Maraknya game online di Indonesia membuat fenomena baru di kalangan masyarakat.  Dari anak kecil hingga orang dewasa, terutama di kalangan pelajar.
Hal ini didukung dengan banyaknya game center yang dapat kita jumpai dilingkungan sekitar kita dengan menawarkan harga miring, dengan harga miringtersebut bagi kalangan  pelajar  yang tidak mempunyai uang yang tidak terlalu banyak mampu untuk bermain “game online” berjam-jam dan lama-kelamaan menjadi kecanduan. Akibat dari kegiatan ini mereka pun banyak melupakan hal-hal yang lebih penting seperti belajar, beribadah bahkan melupakan kesehatan mereka. Sungguh sangat ironis masa depan pelajar Indonesia bila mereka membuang waktu, uang dan pikiran mereka hanya untuk bermain game online.
Pada kenyataannya telah terbukti yaitu dengan adanya salah satu pelajar SMA di Kota Tegal yang tidak naik kelas karena sering bermain game online dan menjadi kecanduan yang menyebabkan ia mengabaikan kewajibannya belajar dengan tidak mengerjakan tugas sekolahnya.  Kegiatan diskusi ini diharapkan mampu menjadi media ekspresi, dan wacana antara penulis, masyarakat dan pemerhati anak terutama bagi orang tua untuk menuntun anaknya di era globalisasi yang semakin maju.
B.     Tema
Dampak Negatif Game Online bagi Pelajar
C.     Rumusan Masalah
1.      Apakah game online itu?
2.      Apa saja dampak negatif dan positif dari game online?
3.      Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan seorang pelajar bermain game online?
4.      Bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi  dampak negatif game online bagi pelajar?

D.    Tujuan
1.      Menghimpun gagasan, pikiran, pendapat mengenai dampak negatif game online bagi pelajar.
2.      Memperoleh informasi mengenai dampak negatif game online bagi pelajar.
3.      Mencari solusi yang tepat mengenai dampak gameonline bagi pelajar.

E.     Manfaat Diskusi
Diskusi ini diharapkan dapat diperoleh hasil yang efektif dari penyanji dan peserta diskusi mengenai dampak negatif game online bagi pelajar.




















BAB II
PELAKSANAAN DAN HASIL DISKUSI

A.    Pelaksanaan

1.      Topik Diskusi dan Penyaji
Dalam Diskusi ini ditampilkan penyaji yaitu Nining Sagita (Psikolog dari Universitas Indonesia) dengan topik diskusi “Dampak Negatif Game Online bagi Pelajar”.

2.      Peserta
a.       Ibu Yustina Maria selaku Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Tegal
b.      27 siswa XII IPA 3 SMA Negeri 1 Tegal

3.      Waktu dan Tempat
Diskusi ini dilaksanakan di Ruang Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Tegal, Jalan Menteri Supeno 16 pada hari Selasa, 18 September 2012 pukul 12.29 sampai 12.47 WIB.

4.      Penyelenggara
Peserta didik SMA Negeri 1 Tegal kelas XII IPA 3 kelompok 2

B.     Hasil Diskusi

1.      Peserta
Peserta dalam diskusi tanggal 18 September 2012 telah memenuhi target karena diikuti oleh 27 peserta. Oleh karena itu, diskusi kali ini dianggap telah mencapai target.



2.      Pelaksanaan Diskusi
Diskusi ini dibuka oleh Umi Maziyah selaku moderator. Pelaksanaan diskusi sangat menarik dan apresiatif, baik dari pembicara dan peserta. Penyaji menyampaikan berbagai materi mengenai dampak negatif game online bagi pelajar. Oleh karena itu, para peserta sangat antusias mengikuti diskusi ini.

3.      Kendala-kendala
Pemilihan tempat diskusi kurang tepat, karena sekitar tempat diskusi banyak polusi suara seperti suara peserta didik yang sedang bercanda di luar kelas dan suara kendaraan bermotor yang lewat.














BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pada dasarnya para player menikmati game untuk me-refresh otak mereka dari masalah yang ada. Sebenarnya tidak salah mereka bermain game online hanya saja janganlah bermain secara berlebihan juga harus tau waktu kapan harus belajar, kapan harus bantu orang tua, kapan harus beribadah. Orang tua  memiliki peran penting untuk belajar membimbing anak-anaknya kembali belajar.  Tapi sebenarnya yang paling penting adalah peran anak sendiri(kesadaran diri).

B.     Saran
Berdasarkan hasil diskusi tersebut, disarankan bahwa :
1.      Diperlukan penguasaan materi oleh penyaji
2.      Dilakukan persiapan yang lebih maksimal

Demikianlah laporan kegiatan diskusi. Semoga bermanfaat dan segala kekurangan dan kelemahan dalam kegiatan ini diharapkan menjadi pengalaman yang berharga untuk kegiatan ini diharapkan menjadi pengalaman yang berharga untuk kegiatan berikutnya.

Tegal, 28 September 2012
Ketua Kelas,


M. Ardiansyah Azman
NIS. 15523

NOTULA DISKUSI

Judul Diskusi              :Dampak Negatif Game Online bagi Pelajar
Tempat Diskusi           :Ruang Kelas XII IPA 3, SMA Negeri 1 Tegal
Hari                             :Selasa
Tanggal                       :18 September 2012
Pukul                           :12.29 sampai12.47 WIB
Peserta Diskusi            :25 Orang
Penyaji                                    :Nining Sagita
Moderator                   :Umi Maziyah
Acara                           :
1.      Pembukaan
Kegiatan diskusi dibuka oleh Moderator pada pukul 12.29 WIB dengan ucapan terima kasih dan salam.

2.      Penyajian
Penyaji membahas masalah :
a.       Dampak negatif game online dipandang dari sudut pandang sosial.
b.      Dampak negatif game online dipandang dari sudut pandang psikis.
c.       Dampak negatif game online dipandang dari sudut pandang fisik.

3.      Tanya-Jawab
Sesi tanya-jawab ini terdiri dari satu pertanyaan dan satu sanggahan, yaitu
a.       Pertanyaan oleh Octaviana Kadwin Galih Carolina, bagaimana contoh hubungan masyarakat yang tidak baik. Jawaban oleh Nining Sagita, biasanya pelajar yang telah kecanduan game online akan bermain terus-menerus dan menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Sosialisasi dengan masyarakat sekitar kurang. Hal ini yang menyebabkan hubungan masyarakat tidak baik.
b.      Sanggahan oleh Lutfi Laeli Nurhidayah, ia kurang setuju dengan yang telah disebutkan bahwa yang menyebabkan berkembangnya game online adalah perkembangan IPTEK, karena menurutnya perkembangan IPTEK merupakan hal yang positif bagi kehidupan.

4.      Saran Peserta
Para penyaji memperoleh beberapa saran dari peserta diskusi, yaitu :
1.      Diperlukan penguasaan materi oleh penyaji
2.      Dilakukan persiapan yang lebih maksimal

5.      Simpulan Diskusi
Pada dasarnya para player menikmati game untuk me-refresh otak mereka dari masalah yang ada. Sebenarnya tidak salah mereka bermain game online hanya saja janganlah bermain secara berlebihan juga harus tau waktu kapan harus belajar, kapan harus bantu orang tua, kapan harus beribadah. Orang tua  memiliki peran penting untuk belajar membimbing anak-anaknya kembali belajar.  Tapi sebenarnya yang paling penting adalah peran anak sendiri (kesadaran diri).


Moderator

Notulis



Umi Maziyah

Anggit Dimastiko Hidayat
NIS. 15533

NIS. 15386


DAFTAR HADIR DISKUSI
Dampak Negatif Game Online bagi Pelajar
Selasa,18 September 2012
No.
Nama Peserta Diskusi
TandaTangan
1.

1

2.


2
3.

3

4.


4
5.

5

6.


6
7.

7

8.


8
9.

9

10.


10
11.

11

12.


12
13.

13

14.


14
15.

15

16.


16
17.

17

18.


18
19.

19

20.


20
21.

21

22.


22
23.

23

24.


24
25.

25

26.


26
27.

27



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar