Dampak
Negatif Game Online bagi
Pelajar
Laporan diskusi
Dibuat
untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
Disusun
oleh :
1. Anggit
Dimastiko.H. (03)
2. Nining Sagita (22)
3. Umi Maziyah (27)
Kelas
XII IPA 3
SMA
NEGERI 1 TEGAL
Jalan
Menteri Soepeno 16 Telepon (0283)353498
Tahun
Ajaran 2012/2013
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL........................................................................................... i
DAFTAR
ISI .................................................................................................. ii
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
................................................................... 1
1.2 Tema
.................................................................................. 2
1.3 Rumusan
Masalah .............................................................. 2
1.4 Tujuan
................................................................................ 2
1.5 Manfaat
Penelitian ............................................................. 3
BAB
II PELAKSANAAN DAN
HASIL DISKUSI
2.1
Pelaksanaan
......................................................................... 4
2.2
Hasil Diskusi
....................................................................... 6
BAB
II I PENUTUP
2.1
Kesimpulan ......................................................................... 4
2.2
Saran
................................................................................... 6
NOTULA
DISKUSI...................................................................................... iii
DAFTAR
HADIR ...............................................................................................
Dampak Negatif Game Online Bagi Pelajar
Diselenggarakan
oleh :
Siswa-Siswi
SMA Negeri 1 Tegal Kelas XII IPA 3
18
September 2012
|
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Pelaksanaan Diskusi
Pada zaman modern saat
ini, yang sering kita sebut dengan era globalisasi, perkembangan ilmu
pengetahuan dan tekhnologi berkembang sangat pesat. Perkembangan ilmu
pengetahuan dan tekhnologi membawa sejumlah harapan dan dampak positif yang
ditimbulkan pada kemajuan zaman ini. Namun, tidak semua kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi dapat menimbulkan dampak positif, akan tetapi pada
era globalisasi saat ini juga dapat menimbulkan dampak negatif.
Salah satu kemajuan
dari teknologi di era globalisasi ini yaitu mulai berkembangnya permainan
secara online atau sering kita sebut dengan nama game online. Maraknya game
online di Indonesia membuat fenomena baru di kalangan masyarakat. Dari anak kecil hingga orang dewasa, terutama
di kalangan pelajar.
Hal ini didukung dengan
banyaknya game center yang dapat kita jumpai dilingkungan sekitar kita dengan
menawarkan harga miring, dengan harga miringtersebut bagi kalangan pelajar
yang tidak mempunyai uang yang tidak terlalu banyak mampu untuk bermain
“game online” berjam-jam dan lama-kelamaan menjadi kecanduan. Akibat dari
kegiatan ini mereka pun banyak melupakan hal-hal yang lebih penting seperti
belajar, beribadah bahkan melupakan kesehatan mereka. Sungguh sangat ironis
masa depan pelajar Indonesia bila mereka membuang waktu, uang dan pikiran
mereka hanya untuk bermain game online.
Pada kenyataannya telah terbukti yaitu dengan adanya salah satu
pelajar SMA di Kota Tegal yang tidak naik kelas karena sering bermain game
online dan menjadi kecanduan yang menyebabkan ia mengabaikan kewajibannya
belajar dengan tidak mengerjakan tugas sekolahnya. Kegiatan diskusi ini diharapkan mampu menjadi
media ekspresi, dan wacana antara penulis, masyarakat dan pemerhati anak
terutama bagi orang tua untuk menuntun anaknya di era globalisasi yang semakin
maju.
B. Tema
Dampak
Negatif Game Online bagi Pelajar
C. Rumusan
Masalah
1.
Apakah game
online itu?
2.
Apa saja dampak
negatif dan positif dari game online?
3.
Apa saja
faktor-faktor yang menyebabkan seorang pelajar bermain game online?
4.
Bagaimana solusi
yang tepat untuk mengatasi dampak
negatif game online bagi pelajar?
D. Tujuan
1.
Menghimpun
gagasan, pikiran, pendapat mengenai dampak negatif game online bagi pelajar.
2.
Memperoleh
informasi mengenai dampak negatif game online bagi pelajar.
3.
Mencari solusi
yang tepat mengenai dampak gameonline bagi pelajar.
E. Manfaat
Diskusi
Diskusi ini diharapkan
dapat diperoleh hasil yang efektif dari penyanji dan peserta diskusi mengenai
dampak negatif game online bagi pelajar.
BAB
II
PELAKSANAAN
DAN HASIL DISKUSI
A. Pelaksanaan
1.
Topik Diskusi
dan Penyaji
Dalam
Diskusi ini ditampilkan penyaji yaitu Nining Sagita (Psikolog dari Universitas
Indonesia) dengan topik diskusi “Dampak Negatif Game Online bagi Pelajar”.
2.
Peserta
a.
Ibu Yustina
Maria selaku Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Tegal
b.
27 siswa XII IPA
3 SMA Negeri 1 Tegal
3.
Waktu dan Tempat
Diskusi
ini dilaksanakan di Ruang Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Tegal, Jalan Menteri
Supeno 16 pada hari Selasa, 18 September 2012 pukul 12.29 sampai 12.47 WIB.
4.
Penyelenggara
Peserta didik SMA
Negeri 1 Tegal kelas XII IPA 3 kelompok 2
B. Hasil
Diskusi
1.
Peserta
Peserta
dalam diskusi tanggal 18 September 2012 telah memenuhi target karena diikuti
oleh 27 peserta. Oleh karena itu, diskusi kali ini dianggap telah mencapai
target.
2.
Pelaksanaan
Diskusi
Diskusi
ini dibuka oleh Umi Maziyah selaku moderator. Pelaksanaan diskusi sangat
menarik dan apresiatif, baik dari pembicara dan peserta. Penyaji menyampaikan
berbagai materi mengenai dampak negatif game online bagi pelajar. Oleh karena
itu, para peserta sangat antusias mengikuti diskusi ini.
3.
Kendala-kendala
Pemilihan
tempat diskusi kurang tepat, karena sekitar tempat diskusi banyak polusi suara
seperti suara peserta didik yang sedang bercanda di luar kelas dan suara
kendaraan bermotor yang lewat.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada dasarnya para
player menikmati game untuk me-refresh otak mereka dari masalah yang ada.
Sebenarnya tidak salah mereka bermain game online hanya saja janganlah bermain
secara berlebihan juga harus tau waktu kapan harus belajar, kapan harus bantu
orang tua, kapan harus beribadah. Orang tua memiliki peran penting untuk
belajar membimbing anak-anaknya kembali belajar. Tapi sebenarnya yang
paling penting adalah peran anak sendiri(kesadaran diri).
B. Saran
Berdasarkan
hasil diskusi tersebut, disarankan bahwa :
1.
Diperlukan
penguasaan materi oleh penyaji
2. Dilakukan
persiapan yang lebih maksimal
Demikianlah laporan kegiatan diskusi.
Semoga bermanfaat dan segala kekurangan dan kelemahan dalam kegiatan ini
diharapkan menjadi pengalaman yang berharga untuk kegiatan ini diharapkan
menjadi pengalaman yang berharga untuk kegiatan berikutnya.
Tegal,
28 September 2012
Ketua
Kelas,
M.
Ardiansyah Azman
NIS.
15523
NOTULA DISKUSI
Judul Diskusi :Dampak Negatif Game Online bagi
Pelajar
Tempat Diskusi :Ruang Kelas XII IPA 3, SMA Negeri 1
Tegal
Hari :Selasa
Tanggal :18 September 2012
Pukul :12.29 sampai12.47
WIB
Peserta Diskusi :25 Orang
Penyaji :Nining
Sagita
Moderator :Umi Maziyah
Acara :
1.
Pembukaan
Kegiatan
diskusi dibuka oleh Moderator pada pukul 12.29 WIB dengan ucapan terima kasih
dan salam.
2.
Penyajian
Penyaji
membahas masalah :
a. Dampak
negatif game online dipandang dari sudut pandang sosial.
b. Dampak
negatif game online dipandang dari sudut pandang psikis.
c. Dampak
negatif game online dipandang dari sudut pandang fisik.
3.
Tanya-Jawab
Sesi
tanya-jawab ini terdiri dari satu pertanyaan dan satu sanggahan, yaitu
a. Pertanyaan
oleh Octaviana Kadwin Galih Carolina, bagaimana contoh hubungan masyarakat yang
tidak baik. Jawaban oleh Nining Sagita, biasanya pelajar yang telah kecanduan
game online akan bermain terus-menerus dan menghabiskan waktunya untuk bermain
game online. Sosialisasi dengan masyarakat sekitar kurang. Hal ini yang
menyebabkan hubungan masyarakat tidak baik.
b. Sanggahan
oleh Lutfi Laeli Nurhidayah, ia kurang setuju dengan yang telah disebutkan
bahwa yang menyebabkan berkembangnya game online adalah perkembangan IPTEK,
karena menurutnya perkembangan IPTEK merupakan hal yang positif bagi kehidupan.
4. Saran
Peserta
Para
penyaji memperoleh beberapa saran dari peserta diskusi, yaitu :
1. Diperlukan
penguasaan materi oleh penyaji
2. Dilakukan
persiapan yang lebih maksimal
5. Simpulan
Diskusi
Pada dasarnya para player menikmati game untuk
me-refresh otak mereka dari masalah yang ada. Sebenarnya tidak salah mereka
bermain game online hanya saja janganlah bermain secara berlebihan juga harus
tau waktu kapan harus belajar, kapan harus bantu orang tua, kapan harus
beribadah. Orang tua memiliki peran
penting untuk belajar membimbing anak-anaknya kembali belajar. Tapi sebenarnya yang paling penting adalah
peran anak sendiri (kesadaran diri).
Moderator
|
|
Notulis
|
|
|
|
Umi
Maziyah
|
|
Anggit
Dimastiko Hidayat
|
NIS.
15533
|
|
NIS.
15386
|
DAFTAR HADIR DISKUSI
Dampak Negatif Game Online bagi
Pelajar
Selasa,18 September 2012
No.
|
Nama
Peserta Diskusi
|
TandaTangan
|
|
1.
|
|
1
|
|
2.
|
|
|
2
|
3.
|
|
3
|
|
4.
|
|
|
4
|
5.
|
|
5
|
|
6.
|
|
|
6
|
7.
|
|
7
|
|
8.
|
|
|
8
|
9.
|
|
9
|
|
10.
|
|
|
10
|
11.
|
|
11
|
|
12.
|
|
|
12
|
13.
|
|
13
|
|
14.
|
|
|
14
|
15.
|
|
15
|
|
16.
|
|
|
16
|
17.
|
|
17
|
|
18.
|
|
|
18
|
19.
|
|
19
|
|
20.
|
|
|
20
|
21.
|
|
21
|
|
22.
|
|
|
22
|
23.
|
|
23
|
|
24.
|
|
|
24
|
25.
|
|
25
|
|
26.
|
|
|
26
|
27.
|
|
27
|
|
0 komentar:
Posting Komentar